

Isi Class Namenya dengan Programkasir => lalu klik Finish hasilnya seperti screen shot berikut ini :Ĥ. Selanjutnya klik pada Project Programkasir=> klik kanan default package pilih New => JFrame Fromģ. Buka Aplikasi “Netbeans IDE” pilih New Project=> Java Application lalu klik Next, Isi Project Name nya lalu klik Finish.Ģ. Setelah mengetahui cara kerja program tersebut, saya akan menjelaskan secara singkat mengenai cara membuat program tersebut yang hasilnya akan seperti gambar screen shot berikut ini :ġ. jadi pada saat tombol tsb diklik maka akan tampil Konfirmasi “Keluar Program” jika menekan No kita tidak jadi keluar dari jendela program tetapi jika menekan Yes maka jendela program akan keluar dengan sendirinya. Tombol Exit pada Button menggunakan OptionPane Confirm untuk keluar Program.


Pada tulisan saya kali ini akan menjelaskan secara singkat cara membuat program kasir sederhana menggunakan JFrame fitur dari Aplikasi NetBeans dimana program ini dapat difungsikan untuk menghitung jumlah biaya dari makanan yang telah dipesan. Adapun cara kerja penggunaan dari program ini cukup mudah dipahami, karena tidak memiliki banyak menu pada jendela program.
